10/02/15

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2015 DI SMP N 1 PATEAN

Tanggal 1 Oktober merupakan tanggal yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Dalam literatur sejarah seperti dikutip Wikipedia bahwa sejarah lahirnya Pancasila dapat dijelaskan sebagai berikut. Pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif dibelakangnya. Akan tetapi otoritas militer dan kelompok reliji terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis, untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965–1966.
Lihat semua Foto di sini
 Pada hari itu, enam Jendral dan 1 Kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Sebagai bentuk memperingati hari kesaktian Pancasila, SMP Negeri 1 Patean mengadakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan Upacara ini diikuti oleh tamu undangan yaitu :

1.     Camat Kecamatan Patean
2.     Muspika Kec. Patean
3.     Perangkat Desa se Kecamatan patean dan tamu undangan lain
4.     Dan juga seluruh siswa, dewan guru, staf dan karyawan juga ikut sertya dalam Upacara ini


Sebagai pembina upacara adalah Bapak Yanuar Fathoni, S. Sos beliau adalah bapak Camat Kecamatan Patean dan di pimbin oleh M. Yusuf Alwi dan beliau adalah salah satu guru dari SMP Negeri 1 Patean.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon